RANCANG BANGUN APLIKASI JUZ’AMMA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE CHILD CENTERED DESIGN PADA TPQ AL-MUCHTAR BEKASI

iwan jaya, Rahmadi Rahmadi, Muhammad Nur Soleh

Abstract


Al-Qur’an adalah kalam Ilahi yang selalu terjaga oleh penghafal Al-Qur’an, di dalam Al-Qur’an ada surat pendek yang disebut Juz’amma. Hafalan Al-Qur’an merupakan kegiatan mengingat bacaan Al-Qur’an, supaya dapat  mengetahui apabila ada yang merombak atau memodifikasi Al-Qur’an. Saat ini dunia telah saling terhubung dan saling mempengaruhi, menghadapi suatu masa dimana teknologi telah memasuki segala bidang di kehidupan manusia.

Pemakaian smartphone pada masa kini menjadi hal yang biasa. Tujuan perancangan aplikasi juz’amma berbasis android menggunakan metode Child Centered Design (CCD) adalah sebagai media pembantu menghafal bagi murid TPQ Al-Muchtar Bekasi antara usia 5-10 tahun yang kesuitan dalam menghafal surah pendek juz’amma dapat diakses melalui teknologi smartphone.

Dalam pembuatan aplikasi juz’amma berbasis android menggunakan user interface yaitu Child Centered Design (CCD) sebagai metode perancangan tampilan aplikasi dan untuk metode pembelajaran menghafal bagi anak yang digunakan adalah metode Murottal (Mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an). Hasil analisis dari penerapan metode Murottal yang digunakan pada aplikasi sebagai metode pembelajaran menghafal pada anak usia 5-10 tahun sangatlah efektif bagi anak yang kesulitan menghafal surah pendek juz’amma dalam kegiatan sehari-hari pada TPQ Al-Muchtar Bekasi. Tool yang digunakan dalam membangun aplikasi juz’amma yaitu pemrograman Java, Xml, Plugin, dan Android Studio 4.2.


Keywords


Juz’Amma, Android, Media Menghafal, Child Centered Design (CCD)

Full Text:



DOI: https://doi.org/10.30591/jpit.v5i3.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPIT INDEXED BY

  
  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.