Pengaruh Kualitas Pelayanan Paket Wisata Trekking Terhadap Keputusan Berkunjung di The Upper Clift Resort And Café Sentul
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan paket wisata trekking terhadap keputusan berkunjung di The Upper Clift Resort and Café, Sentul. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan diharapkan mampu memimpin persaingan tersebut dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dalam upaya memenuhi harapan konsumen. Dunia pariwisata yang semakin berkembang memacu pelaku usaha untuk mampu menciptakan keunggulan produk dan jasa layanan dalam upaya memberikan kepuasan terhadap pelanggan. The Upper Clift and Resort Café, Sentul menjadi salah satu kawasan yang memiliki paket wisata trekking pertama di daerah Sentul sehingga menjadi daya tarik wisata yang unik dan banyak diminati oleh wisatawan untuk menikmati panorama alam sambil berolahraga. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan regresi liner sederhana melalui media IBM SPSS 16.0 untuk menguji berapa besar pengaruh kualitas pelayanan paket wisata trekking terhadap keputusan berkunjung. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan kosumen ataupun pengunjung The Upper Clift Resort and Café, Sentul. Hasil penelitian membuktikan kualitas pelayanan paket wisata trekking di The Upper Clift Resort and Café, Sentul berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dengan nilai regresi 0.629 dan besar T hitung sebesar 10.731 dan nilai signifikan sebesar 0.000. Berdasarkan hasil analisis data serta kuesioner yang telah dibagikan kepada seluruh responden menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung.
Kata Kunci: keputusan berkunjung, kualitas pelayanan, trekking
References
Aprilia, E. R. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2).
Arikunto, S. (2016). Proses Penelitian Suatu Pendekatan (8th ed.). PT Asdi Mahasatya.
Dewi, A. T. (2022). Pengembangan Produk Wisata Trekking Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kawasan Objek Wisata Lubuk Minturun. Sumatera Barat: Universitas Muhammadiyah.
Farida, L. D. (2016). Pengukuran User Experience Dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus: Website Pariwisata Di Asia Tenggara). Semnasteknomedia Online, 4(1), 1–3.
Fatih, A., Setiawan, B. D., & Dewi, C. (2018). Implementasi Algoritme Genetika Dalam Optimasi Knapsack Problem Penentuan Objek Wisata Wilayah Malang Raya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2), 888–896.
Fitria, S. E., & Ariva, V. F. (2018). Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(3), 197-208.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hacioglu, N., & Avcikurt, C. (2011). Touristic Product Diversification. Ankara: Nobel Yayın Dağıtım.
Hardani., dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hurriyati, R. (2015). An Analysis Of Place Branding To Enhance The Image Of Bandung City And Its Implications Toward The Decisions To Visit Tourism Destination. SOSIOHUMANIKA, 8(1), 1–8.
Imran, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 21(1), 111-126.
Jasmalinda, J. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199-2206.
Kerlinger, F. (2006). Asas-asas Penelitan Behavioral. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, P, & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). New York: Free Press.
Kotler, P. (2012). Principles of Marketing. New York: Pearson.
Kotler, P, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). London: Person Education Limited.
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243.
Maknunah, L. U., & Laili, K. R. N. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Geti Kuda Terbang (Studi Kasus di UD. Bu Sulasmi, Kademangan. Jurnal Translitera, 8(02), 34-43.
Murphy, P. E. (2013). Tourism: A Community Approach. New York: Routledge.
Pemerintah RI. (1990). Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Prasiasa, D. P. O (2019). Pengembangan Wisata Trekking Di Kawasan Hutan Taman Wisata Alam Danau Buyan, Kabupaten Buleleng. Jurnal Sosiologi USK, 13(2).
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38-47.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Manajemen (5th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujarweni, W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suwandana, I. M. A. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Serba Usaha Dalem Kahyangan Dukuh Desa Adat Kerobokan Di Kuta Utara, Badung. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(1), 586-600.
Suryabrata, S. (2008). Research Methods. Jakarta: Rajawali Press.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Triyanti, N. N. P., Suwena, I. K., & Sudana, I. P. (2015). Perencanaan Paket Wisata Tracking Desa Tenganan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem-Bali. Jurnal IPTA ISSN, 3(1), 1–11.
Wardiyanto. (2011). Perencanaan Pengembangan Pariwisata. Bandung: CV Lubuk Agung.
DOI: https://doi.org/10.30591/5624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575