Pengaruh Fasilitas dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Agrowisata Villa Bukit Hambalang
Abstract
Agrowisata Villa Bukit Hambalang menjadi salah satu daya tarik tujuan wisata para wisatawan khususnya di daerah Kabupaten Bogor dan sekitarnya yang ingin bersantai ataupun melakukan kegiatan kegiatan seperti outbound, camping, berenang, atau hanya sekedar menikmati keindahan alam dan daya tarik wisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari fasilitas wisata (X1), dan daya tarik wisata (X2) terhadap kepuasan pengunjung (Y) di Agrowisata Villa Bukit Hambalang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi yang merupakan pengunjung Agrowisata Villa Bukit Hambalang pada tahun 2023 sejumlah 20.807 orang dengan sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang. Hasil uji t dan uji F pada penelitian menunjukkan bahwa fasilitas wisata dan daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Villa Bukit Hambalang baik secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F). Variabel daya tarik wisata menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengunjung dengan nilai regresi 0,819 sedangkan untuk variabel fasilitas wisata memiliki nilai regresi 0,486. Fasilitas dan daya tarik wisata memberikan kontribusi sebesar 91,1% dalam terbentuknya kepuasan pengunjung. Fasilitas wisata dan daya tarik wisata memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan pengunjung.
Kata Kunci: daya tarik, fasilitas, kepuasan, pariwisata
References
Heath, E., & Wall, G. (2012). Mengembangkan Wisata Budaya - Terjemahan. Bandung: CV Angkasa
Mardalis, A & Wijaya, R, P. (2016). Pengelolaan Daya Tarik Wisata Alam Berdasarkan Kepuasan Dan Keinginan Wisatawan. Fakultas Ilmu Bisnis Dan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta 77-86
Pitana, I., & Diarta, K. (2016). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Rosita, Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 61-72.
Sugiarto, M. 2015. Metode Statistika Bisnis. Jakarta: Matana Publishing
Suwartono, G. (2014). Dasar Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Warpani. (2017). Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB.
Zeithaml, Valerie A, Mary Jo Bitner, Dwayne D Gremler. 2006, Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm (4th edition). Singapore : Mcgraw Hill.
DOI: https://doi.org/10.30591/5700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575