ANALISIS DAYA TARIK DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA KAFE KOPI CHUSEYO

Silvi Rahmawati, Puput Dewi Anggraeni

Abstract


Penelitian ini mengambil tema daya tarik pelanggan untuk kafe Kopi Chuseyo karena memiliki konsep unik yang bernuansa Korea, lokasi yang strategis dan memiliki franchise puluhan cabang di Indonesia termasuk Tegal sehingga menjadi alasan yang bagus untuk pemula yang ingin berbisnis memiliki konsep yang unik. Tujuannya untuk mengetahui daya tarik dan kepuasan pelanggan pada kafe Kopi Chuseyo, Tegal. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi adalah pelanggan kafe yang berkunjung di kafe Kopi Chuseyo dan sampel berjumlah 77 pelanggan atau responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari aspek daya tarik menunjukkan responden setuju dengan lokasi yang strategis, suasana kafe yang nyaman dan desain kafe yang menarik merupakan keunggulan yang dimiliki oleh kafe ini. Sedangkan dari aspek kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa produk yang dijual menarik dan memiliki ciri khas tersendiri dengan harga terjangkau yang membuat pengunjung tertarik untuk membeli.


Keywords


daya tarik, kafe, kepuasan pelanggan

Full Text:

References


Adie, M. (2018). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN CAFEMR.G GARAGE DI BANDAR LAMPUNG. Semanticsholar.Org.

Akbar, M., H, R., & Mulhim, M. (2020). INTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1.

Anggraeni, P. D., & Sabrina, T. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Oleh-Oleh Tempat Wisata di Semarang. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(2), 153–160. https://doi.org/10.30647/jip.v26i2

Dwi, B., Srikandi, K., & Kadarisman Hidayat, K. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk-Daihatsu Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 36, Issue 1).

Hidayat, A. (2014, October). Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel. Statistikian.Com. https://www.statistikian.com/2017/12/hitung-rumus-slovin-sampel.htmlhttps://www.statistikian.com/2017/12/hitung-rumus-slovin-sampel.html (Tanggal akses 19 Jun 2023, Pukul 20.30 WIB)

Izzudin, M. (2021). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PELANGGAN PADA CAFE BLUMM DI KABUPATEN JOMBANG.

Kurnia, F. (2022, December 2). Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Contoh, Faktor, Manfaat, Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. dailysocial.id. https://dailysocial.id/post/kepuasan-pelanggan-adalah (Tanggal akses 20 Jun 2023, Pukul 16.55 WIB)

Levyda Levyda, & Marisa, Y. (2018). ANALISIS_DAYA_TARIK_WISATA_BAHARI_DENGAN_PENDEKATA. Jurnal Industri Pariwisata, 1(1).

Revita, T. (2022, November 27). Random Sampling: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/random-sampling (Tanggal akses 18 Jun 2023, Pukul 16.15 WIB)

Risdah. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Karebosi di Kota Makassar Utara. Eprints. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14277

Wibowati, J. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT MUARAKATI BARU SATU PALEMBANG. Jurnal.Unpal.Ac.Id.

Wibowati, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31.

Yustika, V. (2021). Peranan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. In academia.edu.

Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).




DOI: https://doi.org/10.30591/jht.v3i1.7233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575