Analisis Sentimen Pengguna Apliaksi Shopee Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier dan K-NN

Yumarlin MZ, Jemmy Edwin Bororing, Sri Rahayu, Jeffry Andhika Putra

Abstract


Perkembangan aplikasi e-commerce mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi e-commerce memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah, nyaman, dan personal bagi pengguna. Fitur-fitur seperti pencarian produk yang efisien, ulasan pelanggan, rekomendasi produk dan keamanan pembayaran. Shopee adalah salah satu platform ecommerce yang populer di Indonesia dan memberikan pengguna akses yang mudah untuk berbelanja secara online dengan berbagai pilihan produk dan penawaran menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis sentimen pengguna aplikasi Shopee berdasarkan data ulasan yang di dapat dari situs website google play menggunakan metode Naive Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbour (K-NN) untuk mengklasifikasikan ulasan berdasarkan komentar sentimen positif, sentimen negatif dan sentiment netral. Hasil penelitian dengan menerapkan metode Naive Bayes Classifier di dapat nilai akurasi sebesar 75.97%, dengan prediksi komentar positif sebesar 742, komentar negative 519 dan komentar netral sebesar 86. Dan metode K-Nearest Neighbor nilai akurasi sebesar 16.69%, dengan prediksi komentar positif sebesar 154, komentar negative 80 dan komentar netral sebesar 62. Analisis Sentimen aplikasi shopee berdasarkan komentar pengguna google play store menunjukkan tingkat kepuasan konsumen baik di lihat dari besarnya nilai respon komentar positif berdasarkan hasil perhitungan machine learning yang sudah dilakukan.

 


Full Text:

References


Fitri, Margaretha. (2017) “Analisis Hubungan Antara Motif Dengan Tingkat Kepuasan

Pengguna Aplikasi Shopee Sebagai Media Berbelanja Online Pada Shopeeholics Di Kota

Samarinda,” e-Journal Ilmu Komunikasi, 5 (4) 2017: 26–40ISSN (Cetak) 2502-5961, ISSN

(Online) 2502-597X,ejournal.ilkom.fisip-unmu l.ac.id.

Galih A. Palupi, 28 Agustus 2022, Shope Masih Menjadi E-Commerce Pilihan Utama

Masyrakat Indonesia, https://goodstats.id/article/jakpat-shopee-masih-rajai-e-commercepilihan-masyarakat-indonesia-tahun-2022-scYdn

Dinda. P, S., dan W, Wibowo. (2022) “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Buzzbreak

Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier pada Situs Google Play Store,” Jurnal Sains

dan Seni ITS Vol. 11, No. 2, pp. 2337-3520 (2301-928X Print)

Kotler. P., A. (2018). Marketing Managemet. Global Edition. Pearson.

Rizki. Wahyudi, dan Gilang, Kusumawardhana. (2021) “Analisis Sentimen pada review

Aplikasi Grab di Google Play Store Menggunakan Support Vector Machine,JURNAL

INFORMATIKA, Vol. 8 No. 2. ISSN: 2355-6579 | E-ISSN: 2528-2247.

Alfio. Kusuma, Ermatita, dan H. Nurramdhani, Irmanda. (2022) “Analisis Sentimen Pada

Ulasan Aplikasi Indodax di Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector

Machine,” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA)

Jakarta-Indonesia,. e-ISSN 2962-6129.

Edyt. Daryfayi. P. D., dan Ibnu, Asror. (2020) “Sentimen Analisis pada Ulasan Google Play

Store Menggunakan Metode Naïve Bayes,” e-Proceeding of Engineering : Vol.7, No.2 .pp

ISSN : 2355-9365.

N. Tri. Romadloni, Imam. Santoso, dan Sularso, Budilaksono. (2019) “Perbandingan Metode

Naive Bayes, Knn Dan Decision Tree Terhadap Analisis Sentimen Transportasi Krl

Commuter Line,” Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 3 No 2. ISSN 2580-4316.

Wachid, D. et al. (2023) “Analisis Sentimen Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pengguna

Twitter Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Dengan Forward Selection,” Smart

Comp, Vol. 12, No. 1. P-ISSN: 2089-676X. E-ISSN: 2549-0796.

Krotov. V., Johnson. L., dan Silva. L., “Legality and Ethics of Web Scraping,”

Communications of the Association for Information Systems, vol. 47, pp. 539–563, 2020,

doi:org/10.17705/1CAIS.04724.

Takdirillah, R. (2020) “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap

Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan,” Edumatic : Jurnal

Pendidikan Informatika, vol. 4(1), pp. 37–46. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2081

Senthikumar, Maheswari. (2019) “Rule Based Morphological Variation Removable

Stemming Algorithm,” International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4),

–1814, https://doi.org/10.35940/ijrte.C6200.118419

Arifiyanti. A. A., dan Wahyuni. E, D. (2020) “SMOTE: Metode Penyeimbang Kelas pada

Klasifikasi Data Mining,” SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(1), 34–

https://doi.org/10.33005/scan.v15i1.1850

Fahrur. Rozi, Farid. Sukmana, M. Nabil, Adani. (2021) “Pengelompokkan Judul Buku

dengan Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) dan Term Frequency –

Inverse Document Frequency (TF-IDF),” JIMP: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan

Vol.6, No.3, P-ISSN : 2502-5716, E-ISSN : 2503-1945




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v12i3.5494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

 

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

slot Online

slot777

postoto787 link alternatif

postoto787 login

Slot Gacor

Slot Maxwin

Slot88

SUNDA787

SITUS SUNDA787

SUNDA787 Login

SUNDA787 Daftar

SUNDA787

Slot Gacor

Slot Maxwin

SUNDA787 Daftar

SUNDA787 Login