Analisis Kepuasan Pengguna (User-Centered) Sistem E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa FTI UNISKA Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna (user-centered) sistem e-commerce dengan studi kasus pada situs belanja online Shoope, Tokopedia dan Lazada terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FTI UNISKA Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan kuesioner yang dibagikan secara online kepada 127 responden yang terdiri dari mahasiswa FTI UNISKA Banjarmasin. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Penelitian ini menggunakan jenis Business-to-Consumer (B2C) dan Consumer-to-Consumer (C2C) di mana produk atau jasa dijual oleh perusahaan kepada konsumen akhir dan konsumen bisa juga menjual kembali kepada konsumen lainnya. Contoh: Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Setelah melakukan analisis dan pengujian, dapat disimpulkan dari 13 komponen identifikasi terhadap keputusan pembelian secara online, aplikasi Shopee yang lebih Puas atau dibeli oleh responden sebesar 80 % dan hasil ini dapat dijadikan rujukan oleh pengembang aplikasi marketplace yang ada di Indonesia.
References
Aftika,S.,Kartika,W.,Widyasari,S.,danSanjaya,V.F. (2020).Pengaruh Rating Review Belanja Di Shopee Terhadap Minat Beli (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Jurnal Manajemen Bisnis (JMB),141149.Https://Ejournal.Stieibbi.Ac.Id/Index.Php/Jmb/Article/Download/177/52
Angkat,D.W.,dan Prihatini,A.E. (2018).Pengaruh Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Lazada. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,7(3), 441– 448.Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jiab/Article/View/21062/19713
Arbaini,P.,Wahab,Z. dan Widiyanti,M.(2020).Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen,7(1).Http://Jurnal.Unmer.Ac.Id/Index.Php/Jbm/Article/Download/3897/2202
Arifuddin,Z., dan Suwasono,E. (2020).Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Online“TOKOPEDIA.”REVITALISASI:Jurnal Ilmu Manajemen,9 (1), 87–91. Https://Ejournal.Uniska- Kediri.Ac.Id/Index.Php/Revitalisasi/Article/Download/1082/859/
Auliya,Z.F., Umam,M.R.K., dan Prastiwi,S.K. (2017). Online CostumerReviews(Otrs) Dan Rating: Kekuatan Baru Pada Pemasaran Online DiIndonesia.Ebbank,8(1), 89 98.Https://Www.Ebbank.Stiebbank.Ac.Id/Index.Php/EBBANK/Article/Viewfile/112/100
Baltar,F.,danBrunet,I. (2012).SocialResearch 2.0: Virtual Snowball SamplingMethod UsingFacebook.Internet Research,22(1), 57-74.Https://Doi.Org/10.1108/10662241211199960
Chih-Chung,C.,Chang,C.,Lin,L.W.-C.danYau-Nang(2012).TheEffect Of Widhiarso, Wijang. (2007). Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ. Jurnal Informatika Vol III No III.
Putra, R. S. (2015). Pengembangan Personalisasi Website E-Commerce Berbasis Metode User Centered Design. Jurnal Informatika Vol VIII No I.
Aziati, Y. (2020). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean.
Fadeyev, D. (2009). 8 Characteristics Of Successful User Interfaces. https://usabilitypost.com/2009/04/15/8-characteristics-of-successful-user- interfaces/. Diakses tanggal 15 februari 2023
Harsono, L.A. (2013). Analisis Interface Website E-Commerce Pada Tokopedia, Lazada, Dan Bukalapak Dengan Menggunakan Metode Iso 9241. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ilda, T. P. dan Sunaryo, S. (2011). Structural Equation Modelling (Sem) Dengan Model Struktural Regresi Spasial. ISBN: 978-979-097-142-4
Irmawati, D. (2011) ‘Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis’, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375, Edisi Ke-V (November), pp. 95- 112.
Jung, W. (2017). The Effect of Representational UI Design Quality of Mobile Shopping Applications on Users’ Intention to Shop. Procedia Computer Science, 121, 166–169. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.023
Putra, A. B. P. (2019). Analisis User Experience Dan User Interface Menggunakan Metode Goms Analisis Dengan Membandingkan Dua Website ECommerce.
Rochmawati, I. (2019). Analisis User Interface Situs Web iwearup.com. Visualita, 7(2), 14.
DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i1.5933
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
| ![]() | ![]() |
View My Stats
![]() |






















