Aplikasi pembelajaran virus menggunakan augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa

Murdani Ahmadi Ihza Mahendra, Ikrimach Ikrimach

Abstract


Mekanisme pembelajaran di sekolah menengah atas (SMA) merupakan fokus penelitian untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, terutama dalam konteks pembelajaran mikroorganisme seperti virus. Keterbatasan alat dan kendala pembelajaran menggunakan buku menjadi motivasi utama dalam pengembangan aplikasi pembelajaran virus menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menyatukan dunia nyata dan dunia maya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengamati langsung struktur virus dalam objek tiga dimensi (3D). Aplikasi ini dapat diakses melalui kamera smartphone Android dengan deteksi penanda (marker) untuk menampilkan objek virus. Harapannya, aplikasi ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa di SMA, memperkaya pengalaman pembelajaran, dan menjadi solusi inovatif dalam mengatasi kendala pembelajaran mikroorganisme pada tingkat sekolah menengah atas (SMA).


Full Text:

References


D. Setiawan, "Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya," JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, vol. 4, no. 1, pp. 62-72, 2018.

A. Maritsa, U. H. Salsabila, M. Wafiq, P. R. Anindya, dan M. A. Ma’shum, "Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan," Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, vol. 18, no. 2, pp. 91-100, 2021.

Levitar, D. H. S., "Pengembangan Game Media Pembelajaran Peta Menggunakan Adobe Flash

Di SD Negeri 03 Kanigoro," in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan

Komunikasi (SENATIK), vol. 6, no. 1, October 2023, pp. 285-294.

I. M. Sari dan F. Thalib, "Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Diagnosis Penyakit Infeksi Yang Disebabkan Oleh Bakteri Dan Virus," Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, vol. 24, no. 1, pp. 1-13, 2019.

A. Kamiana, M. W. A. Kesiman, dan G. A. Pradnyana, "Pengembangan augmented reality book sebagai media pembelajaran virus berbasis android," KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), vol. 8, no. 2, pp. 165-171, 2019.

Purwanto, I. H., Makhasin, Z., Irsyad, S., & Ardiyanto, F. Z., "Analisis Teknik Marker Based Tracking Sebagai Media Pengenalan Rumah Adat Di Indonesia Berbasis Augmented Reality," Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 71-75, 2022.

R. F. Wijaya dan R. B. Utomo, "Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Masjid Berbasis Web," KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 5, pp. 563-571, 2023.

A. Aribowo dan D. Avianto, "Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Penjualan Mebel sebagai Solusi Meningkatkan Pengalaman Belanja Konsumen," INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 183-194, 2023.

M. F. Firdiansyah, R. N. Alfariji, D. D. Herman, M. Risqi, dan M. N. Risfianda, "PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME EDUKASI KESEHATAN GIGI “TOOTH AND FAIRY” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY ENGINE," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 9, no. 2, 2022.

M. Mintarsih, "Pengujian Black Box Dengan Teknik Transition Pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Pada SMC Foundation," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 33-35, 2023.




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v13i1.6066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

 

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

slot Online

slot777

postoto787 link alternatif

postoto787 login

Slot Gacor

Slot Maxwin

Slot88

SUNDA787

SITUS SUNDA787

SUNDA787 Login

SUNDA787 Daftar

SUNDA787

Slot Gacor

Slot Maxwin

SUNDA787 Daftar

SUNDA787 Login