Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Analisa Pengaruh Asisten Virtual Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika dalam Mata Kuliah Kecerdasan Buatan

Mayang Sari, Dian Agustini, Muthia Farida

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi kecerdasan buatan telah menghadirkan berbagai inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah penggunaan virtual asisten sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan virtual asisten terhadap pembelajaran mahasiswa Teknik Informatika dalam mata kuliah Kecerdasan Buatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data menggunakan algoritma Naïve Bayes, yang memungkinkan analisis probabilistik terhadap faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran dengan virtual asisten.

Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 200 mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yang kemudian diolah dan diklasifikasikan menjadi tiga kategori efektivitas, yaitu Efektif, Cukup Efektif, dan Tidak Efektif.

Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak RapidMiner dengan penerapan algoritma Naive Bayes. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi sebesar 80,77%, dengan nilai precision dan recall tertinggi pada kelas Cukup Efektif. Hal ini menunjukkan bahwa model mampu mengenali pola persepsi mahasiswa dengan cukup baik, meskipun terdapat sedikit tumpang tindih antara kelas Efektif dan Cukup Efektif.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa algoritma Naive Bayes dapat digunakan secara efektif untuk menganalisis data persepsi berbasis survei dan memberikan gambaran yang objektif mengenai tingkat efektivitas Virtual Assistant dalam mendukung proses pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi AI dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci – Naive Bayes; Virtual Assistant; Efektivitas Pembelajaran; RapidMiner; Kecerdasan Buatan


Keywords


Naive Bayes; Virtual Assistant; Efektivitas Pembelajaran; RapidMiner; Kecerdasan Buatan

Full Text:

References


A. K. Jain dan R. Saini, “Role of AI-Powered Virtual Assistants in Enhancing Learning Experience in Higher Education,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 19, no. 2, 2024.

A. Ramadhani dan S. Widodo, “Penerapan algoritma Naïve Bayes untuk klasifikasi efektivitas e-learning di perguruan tinggi,” Jurnal Informatika dan AI, vol. 15, no. 2, pp. 120–135, 2023.

A. Suryani and H. Hartono, “Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Prediksi Tingkat Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Online,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 1, pp. 23–31, 2022.

B. S. Nugroho, Kecerdasan Buatan: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta, Indonesia: Andi, 2021.

D. Putra dan R. Hartono, “Analisis efektivitas chatbot sebagai asisten virtual dalam pembelajaran daring,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 45–53, 2022.

E. Setiawan dan L. W. Sari, “Implementasi machine learning pada sistem rekomendasi pembelajaran berbasis Naïve Bayes,” Jurnal Teknologi dan Sains Komputer, vol. 8, no. 3, pp. 78–90, 2023.

Ika Ima Nissa, “Efektivitas Konten Pembelajaran Kesehatan Digital Menggunakan Naïve Bayes”, Journal of Information System vol 1 No 1 pp17-25, 2024

M. Rahman, “Penerapan Metode Naive Bayes untuk Klasifikasi Persepsi Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Digital,” Jurnal Informatika dan Sains Komputer, vol. 9, no. 3, pp. 101–108, 2023.

RapidMiner GmbH, “RapidMiner Studio Documentation,” RapidMiner Official Documentation, 2023. [Online]. Available: https://docs.rapidminer.com

S. Alnajjar dan M. R. Aljazzar, “Applying Naïve Bayes Classifier in Educational Data Mining: Predicting Students’ Academic Performance,” Procedia Computer Science, vol. 220, pp. 586–593, 2023

W. Ridwan, dkk, “Efektivitas ChatGPT sebagai Asisten Virtual dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Jurusan PKK FT UNM”, Jurnal Pendidikan dan Teknologi Vol 1 No 1 2024

W. Wulandari, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, pp. 55–62, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v14i4.9847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED OR REGISTERED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

 

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

slot Online

slot777

postoto787 link alternatif

postoto787 login

Slot Gacor

Slot Maxwin

Slot88

SUNDA787

SITUS SUNDA787

SUNDA787 Login

SUNDA787 Daftar

SUNDA787

Slot Gacor

Slot Maxwin

SUNDA787 Daftar

SUNDA787 Login