PENERAPAN DOT BAS DAN POSE SEBAGAI UPAYA PROMOSI 8 KAWASAN DESTINASI WISATA DI JAKARTA PUSAT

Mayang Puspitasari, Anisatul Auliya

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan DOT, BAS, dan POSE dalam melakukan promosi pariwisata 8 (delapan) kawasan wisata di Jakarta Pusat diantaranya : Kawasan Pasar Baru dan Kemayoran, Monumen Nasional – Gambir, Tanah Abang, Jalan Jaksa, Senen, Thamrin, Lapangan Banteng dan kawasan menteng . Kagiatan promosi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke 8 kawasan wisata tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang didukung dengan sumber data hasil wawancara, observasi dan juga dokumentasi langsung ke 8 (delapan) kawasan wisata pilihan di Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari.- Juni tahun 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari semua unsur DOT, BAS, POSE, sudah dikelola dengan baik sebagai dasar mempromosikan destinasi pilihan di 8 (delapan) kawasan kota Jakarta Pusat, semua pihak berintegrasi demi mencapai tujuan yang sama yaitu membangkitkan salah satu sektor utama yang perlu diperhatikan yakni pariwisata khususnya di wilayah Jakarta Pusat. Upaya mendukung kegiatan promosi wisata di 8 (delapan) kawasan destinasi wisata di jakarta pusat. Saat ini, diperlukannya pengelolaan media sosial yang lebih interaktif dan menarik di masing-masing 8 (delapan) kawasan wisata di Jakarta pusat.

Kata kunci : strategi promosi, pariwisata


Full Text:

References


Instruksi Presiden Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Kebijakan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata.

Junaid, Ilham dan Darwis. 2016. Kemitraan Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Dan Industri Hospitaliti. Jurnal Kepariwisataan, Volume 10, No. 01 Februari 2016, Halaman 01 – 13. M Politeknik Pariwisata Makassar.

KEMENPAREKRAF RI. Laporan kinerja kementrian pariwisata tahun 2019. DKI Jakarta

Keputusan Walikota Kota Administrasi Jakarta Pusat Nomor 276 Tahun 2014 Tentang Penetapan Delapan Kawasan Destinasi Wisata Kota Administrasi Jakarta Pusat

Kotler, Philip, and Waldemar Pfoertsch. (2010). Ingredient Branding. Berlin Heidelberg: Springer- Verlag.

Randall, Geoffrey. The Art of Marketing Branding. New Delhi: Crest Publishing House, 2001.

Republik Indonesia. UU RI No 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan. DKI Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Terence, A. S. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Terry, George, & Leslie, W. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Cetakan Kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Internet :

Biro Pusat Statistik. https://jakarta.bps.go.id/indicator/16/777/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-unggulan-menurut-lokasi-di-dki-jakarta.html , 2021




DOI: https://doi.org/10.30591/jht.v1i1.3477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575