ANALISA KEBUTUHAN PELATIHAN PADA OPERASIONAL PENYEDIA LAYANAN MAKANAN (TATA HIDANG) DI HOTEL PRIMA CIREBON

Joseph Aldo Irawan, Riyanto Wibowo, Peri Puarag, Iva Yulia Mustafa, Ratna Puspita Dewi

Abstract


Pelatihan di hotel merupakan sebuah upaya menunjang kualitas dari sumber daya manusia. Pelatihan memerlukan analisa yang tepat agar memiliki dampak yang baik bagi sebuah hotel. Penelitian akan analisa kebutuhan pelatihan harus dilakukan agar jenis pelatihan yang diberikan dapat tepat guna. Melalui penelitian kuantitatif, peneliti memaparkan sebuah 11 indikator capaian kepada 20 responden di departemen tata hidang dengan dibantu penarikan kuesioner. Setelah itu, penulis memaparkan hasil dalam bentuk hitungan skala Likert dan dibantu dengan metode garis kontinum sebagai pemaparnya. Hasil menyeluruh didapati hanya terdapat 4 indikator yang dinilai masih “ragu” dikarenakan berbagai faktor internal hotel. 7 indikator lainnya berhasil mendapatkan nilai positif berupa “setuju”. Nilai positif ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama yang terjalin baik antara manager tata hidang dengan manager sumber daya manusia. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi Hotel Prima Cirebon untuk dapat terus mengembangkan hotelnya kearah yang lebih baik di kemudian hari.

 

Kata Kunci: analisa kebutuhan pelatihan, hotel, tata hidang


Full Text:

References


Abriyoso, O., Safitri, P. D., Santoso, N. K., & Hendri, A. (2024). Analisis Efektivitas Pelatihan Interhotel Transfer Pada Karyawan Aston Tanjungpinang Hotel & Conference Center. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(4), 367-374.

Denby, S. (2010), "The importance of training needs analysis", Industrial and Commercial Training, Vol. 42 No. 3, pp. 147-150. https://doi.org/10.1108/00197851011038132

Faujiah, L., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Kebutuhan Pelatihan Karyawan Pada PT Pupuk Kujang Cikampek. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 318–321. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.150

Hambali, H., & Dinitri, S. (2024). Kelayakan Bisnis dari Aspek Sumber Daya Manusia pada Pembangunan Hotel di Bogor. GARUDA (Global Research on Tourism Development and Advancement), 5(2), 73-79.

Ithriyah, S., Komara, C., & Kaniadewi, N. (2024). PELATIHAN ENGLISH FOR HOSPITALITY BAGI STAFF CAMP HULU CAI RESORT CIAWI BOGOR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 36-42.

Lie, D. , dkk. (2022). Perencanaan Dan Pengembangan SDM. Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=-ajEAAAQBAJ

Listiaty, T., & Marini, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Bintang Tiga Di Bandung Utara. Jurnal Pariwisata Vokasi, 2(2), 34-46.

Mamesah, P. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Lucky Inn Manado. Productivity, 1(1), 46-52.

Natasha, L.S., Wahyudi, O.B., Yogatama, A. (2021). Proses Public Relations Dalam Pembentukan Citra Pada Reopening Hotel Majapahit By MGallery. Jurnal E-Komunikasi 9, pp. 1–11.

Ruliana, P., Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel Dalam Membentuk Citra Objek Wisata. jurnal komunikasi ASPIKOM 2, pp. 255–271.

Sujatno, A. B. (2008). Hotel Courtesy, Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30591/jht.v2i2.6517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575