PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI POLITEKNIK PARIWISATA PRIMA INTERNASIONAL
Abstract
Di tengah persaingan yang ketat dan meningkatnya harapan dari mahasiswa dan pemegang kepentingan, kinerja karyawan di Politeknik Pariwisata Prima Internasional sangat penting untuk mengatasi situasi yang menantang. Menurut teori motivasi, motivasi sangat penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi merupakan dorongan terhadap seseorang untuk mencari dan mencapai apa yang dibutuhkan. Selain itu juga harus didukung dengan kepuasan kerja dan disiplin karyawan. Oleh karena itu, diyakini bahwa menyeimbangkan antara motivasi, kepuasan kerja dan disiplin menyebabkan terpenuhinya segala kebutuhan lebih dari yang diharapkan dan tercipta kinerja yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi, kepuasan kerja dan disiplin terhadap kinerja karyawan. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pimpinan maupun karyawan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis, dan sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan motivasi, kepuasan kerja, disiplin terhadap kinerja akan diikuti peningkatan kinerja karyawan, begitu pula sebaliknya. Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan, menunjukkan bahwa motivasi, kepuasan kerja, disiplin mempengaruhi secara nyata terhadap kinerja karyawan secara bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan perlu adanya peningkatan motivasi, kepuasan kerja, disiplin karyawan.
Kata Kunci: disiplin, kepuasan kerja, kinerja karyawan, motivasi
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Flippo B. Edwin,Manajemen Personalia, Jakarta : PT. Gelora Askara Pratama, 2011
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.
Handoko.T. Hani, Manajemen personalia dan manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta : BPFE, 2011.
Hasibuan, Malayu. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ke-3 Cetakan ke-1. Yogyakarta: STIE YKPN, 2011
Fred Luthans,Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, Yogyakarta : Andy Offset, Yogyakarta, 2009.
Kreitner, R and Kinicki, Anggelo, Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat,2013.
Mangkunegara, AAP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
Robbins, stephen.P and Judge Timothy A. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2017
S, Prawirosentono. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.
Umam, Khaerul. Manajemen Organisasi. Jakarta: Pustaka Setia, 2012.
Umar, Husein. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba, 2009.
Usamara. A. Motivasi kerja. Yogyakarta : Puri Arsita Anam, 2010
Wirawan, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Jurnal
Kelvin Pang and Chin-Shan Lu,. “Jurnal Organizational Motivation, Employe Job Satisfaction and Organizational Performance An empirical study of container shipping companies in Taiwan,2018
Koesmono. “Jurnal Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan: ,2005
Ong Choon Hee, DBA and Noor Hayati Binti Kamaludin, MBA,. “Jurnal Motivation and Job Performance among Nurses in the Private Hospitals in Malaysia, 2016
DOI: https://doi.org/10.30591/jht.v2i2.6525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575