PENILAIAN KONSISTENSI STANDAR PEMBERSIHAN KAMAR MELALUI ROOM INSPECTION SCORE SHEET (RISS) DI HOTEL XYZ, JAKARTA SELATAN
Abstract
Salah satu komponen paling penting dalam industri perhotelan yang berdampak langsung pada reputasi hotel dan kepuasan pelanggan adalah kamar yang bersih dan terawat dengan baik. Hal ini menunjukkan standar kebersihan hotel, serta kenyamanan dan keselamatan tamu. Oleh karena itu, evaluasi yang terorganisir dan konsisten diperlukan untuk memastikan bahwa setiap kamar memenuhi ekspektasi tinggi para tamu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian yang konsisten dan objektif untuk menentukan area mana yang perlu diperbaiki dan untuk memastikan bahwa kualitas layanan tetap tinggi melalui pemahaman dan penerapan standar pembersihan secara merata. Dalam penelitian ini, deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data dari inspeksi rutin kamar yang mengacu pada Room Inspection Score Sheet (RISS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pembersihan kamar berbeda-beda antara inspeksi. Beberapa faktor yang memengaruhi ketepatan standar pembersihan ini termasuk pelatihan karyawan, pengawasan manajemen, serta ketersediaan bahan dan alat pembersih. Ditunjukkan bahwa pelatihan dan pengawasan yang ketat dapat meningkatkan skor pembersihan kamar. Akibatnya, kepuasan tamu dapat dipertahankan dan reputasi hotel dapat dipertahankan dengan mempertahankan dan meningkatkan standar kebersihan kamar secara konsisten.
Keywords
References
Bardi, J. A. (2018). Hotel Front Office Management. Wiley.
Baker, S., Huyton, J. & Bradley, P. (2021). Principles of Hotel Front Office Operations. Cengage Learning.
Baker, S. & Bradley, P. (2021). Hospitality Supervision and Leadership. Cengage Learning.
Belloumi, M. (2010). The relationship between tourism receipts, real effective exchange rate and economic growth in Tunisia. International journal of tourism research, 12(5), 550-560.
Gustafson, C. M. & Lundberg, D. E. (2020). The Hotel and Restaurant Business. Wiley.
Hayes, D. K. & Ninemeier, J. D. (2019). Hotel Operations Management. Pearson.
Lise,W., & Tol, R. S. (2000). Impact of climate on tourist demand. Climatic change, 55(4), 429-449.
Jones, T. & Lockwood, A. (2019). The Management of Hotel Operations. Cengage Learning.
Kasavana, M. L. & Brooks, R. M. (2019). Managing Front Office Operations. AHLEI.
Medlik, S. (2018). Managing Hotels Effectively: Lessons from Outstanding Hotels and Their Managers. Routledge.
Samimi, A. J., Sadeghi, S., & Sadeghi, S. (2011). Tourism and economic growth in developing countries: P-VAR approach. Middle-East Journal of Scientific Research,10(1),28-32.
Stutts, A. T. & Wortman, J. F. (2020). Hotel and Lodging Management: An Introduction. Wiley.
Sulastiyono, Agus Drs, M.Si (2006). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Yogyakarta: Alfabeta.
Walker, J. R. (2020). Introduction to Hospitality. Pearson.
DOI: https://doi.org/10.30591/jht.v3i1.7176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575