PENGARUH RATING, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEEFOOD
Abstract
Pemerintah dalam programnya menargetkan sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa negera yang potensial. Di dalam sektor pariwisata terdapat banyak bidang yang terlibat. Dari bidang hotel, travel atraksi wisata dan food & beverage. Memasuki pandemi COVID di tahun 2020, seluruh restoran, caffee, warung maupun restoran cepat saji harus bisa beradaptasi. Salah satu cara beradaptasi rumah makan yaitu dengan membuka pemesanan online. Banyak saluran E-commerce yang tersedia untuk bisa memasarkan makanan dan minuman dari tempat makan. Contoh dari e-commerce yang menyediakan tempat untuk penjualan online makanan dan minuman adalah Shopee melalui dengan pilihan Shopee Food. Shopee Food juga terdapat rating bagi rumah makan, dan juga berbagai promosi penjualan. Yang merupakan salah satu strategi untuk menarik minat pembeli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi di penelitian yaitu masyarakat Kota Tegal yang menggunakan layanan Shopee Food berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukan rating, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di ShoopeFood. Saran penelitian sekanjutnya adalah untuk meneliti variabel dan dengan aplikasi e-commerse yang berbeda.
Keywords
Rating, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, Shoope Food
DOI: https://doi.org/10.30591/jht.v3i1.7438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tim Redaksi Journal of Hospitality and Tourism (JHT)
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal
Telp. +62283 - 352000 / 0856-4089-8575