Penerapan Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur prestasi kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode studi kasus pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi menunjukkan: (1) Kinerja dari perspektif keuangan memiliki kinerja yang kurang ekonomis, tidak efektif, dan sangat efisien; (2) Kinerja dari perspektif pelanggan sangat memuaskan; (3) Kinerja dari perspektif proses bisnis internal sangat memuaskan; (4) Kinerja dari perspektif proses pembelajaran serta pertumbuhan sangat memuaskan. Lalu secara keseluruhan, kinerja instansi masuk dalam kategori baik.
Kata kunci: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.
Abstract
This study aims to measure the performance of Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi using the BSC. The method of this research is case studies. Data collection techniques used are questionnaires, interviews, and documentation. Based on research that has been conducted at Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, it can be concluded that: (1) Performance from a financial perspective has less economic performance, ineffectiveness, and is very efficient; (2) Performance from the customer's perspective is very satisfactory; (3) Performance from the perspective of internal business processes is very satisfactory; (4) Performance from the perspective of the learning and growth process is very satisfying. Then overall, the performance of the agency is in the good category
Keywords: Balanced Scorecard, Performance Measurement, Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.Keywords
References
Adhan, A. S., & Sembiring, E. E. (2019). Pengukuran Kinerja Instansi Pemerintah Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kota Bandung). Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1).
Ajulor, O. v., Nchuchuwe, F. F., & Osawe, C. O. (2020). Balanced Scorecard and Public Sector Performance in Nigeria: The Lagos State Experience. International Journal of Development Strategies in Humanities, Management and Social Sciences, 10(1).
Astawa, I. G. P. B., Julianto, I. P., & Dewi, L. G. K. (2020). Penilaian Kinerja Koperasi Unit Desa (Kud) Penebel Tabanan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 9(1).
Biswan, A. T., & Alim, S. (2021). Praktik Balanced Scorecard Sektor Publik: Sistem Pengukuran Kinerja Untuk Meningkatkan Performa Organisasi. Jurnal Bina Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.52859/jbm.v9i2.159
Dally, D. (2010). Balanced Scorecard Suatu Pendekatan Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Dudic, Z., Dudic, B., Gregus, M., Novackova, D., & Djakovic, I. (2020). The innovativeness and usage of the balanced scorecard model in SMEs. Sustainability (Switzerland), 12(8). https://doi.org/10.3390/SU12083221
Fajriah, L., & Hidayat, M. T. (2019). enerapan Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Organisasi Publik (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto). JEA17: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 4(02). https://doi.org/10.30996/jea17.v4i02.3308
Jumading. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja Organisasi Berbasis Balanced Scorecard Pada Dinas Bina Marga Dan Bina Kontruksi Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 690.900.327. Tahun 1996 tentang Pedoman Penilaian dan Kinerja Keuangan.
Kaplan, R. S. and D. P. N. (2019). Balanced Scorecard : Menerapkan. Strategi Menjadi Aksi. In Erlangga:Jakarta (Vol. 2).
Kober, R., & Northcott, D. (2021). Testing cause-and-effect relationships within a balanced scorecard. Accounting and Finance, 61(S1). https://doi.org/10.1111/acfi.12645
Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Andi Yogyakarta.
Mauludin, F. A. (2012). Penerapan Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik (Studi Kasus Pada Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan). Skripsi. Universitas Indonesia.
Oliveira, C., Leal, C., & Pinho, A. (2021). Existing Differences Between SMEs That Apply BSC and Those That Do Not. Journal of Information and Organizational Sciences, 45(2). https://doi.org/10.31341/jios.45.2.2
Prabandari, K., & Asri Dwija Putri, I. (2019). Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung berdasarkan Metode Balance Scorecard. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 997 - 1101. doi:10.24843/EJA.2019.v29.i03.p07
Pramono, J. (2014). Analisis Pengukuran Kinerja SMK Negeri 6 Surakarta Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Gema, 26(48).
Pratiwi, W. (2020). Pengaruh Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Terhadap Peningkatan Kinerja Instansi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bpsdm) Provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Quesado, P., Guzmán, B. A., & Rodrigues, L. L. (2018). Advantages and contributions in the balanced scorecard implementation. Intangible Capital, 14(1). https://doi.org/10.3926/ic.1110
Rafiq, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Dompet Dhuafa Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5127
Rakian, R. B. T., Nangoi, Grace. B., & Walandouw, S. (2021). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado. EMBA, 9
Setyawan, D. (2018). Pendekatan Balance Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. BISMA, 12(2). https://doi.org/10.19184/bisma.v12i2.7879
Suroso, I., Rudyanto, T., & Sulistiyo, A. B. (2018). Pengukuran Kinerja Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Situbondo. BISMA, 11(3). https://doi.org/10.19184/bisma.v11i3.6475
Veronica, V., & Kurnia. (2019). Penerapan BSC Sebagai Pengukuran Kinerja Berbasis Atcs Pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(7).
Vitezić, N., Cankar, S. S., & Linšak, Ž. (2019). Effectiveness Measurement Using DEA & BSC Methods in Public Health Services. NISPAcee Journal of Public Administration and Policy, 12(1). https://doi.org/10.2478/nispa-2019-0009
Wargadinata, E. L. (2017). Kualitas Pengukuran Kinerja Organisasi Publik. Jurnal Ilmu-Ilmi Sosial Dan Humaniora, 19(2).
Zhang, L., & Yu, W. (2020). Effects of the Interactive Use of Performance Measurement Systems on Job Performance: Mediation Effect of Organizational Learning. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.03059
DOI: https://doi.org/10.30591/monex.v12i2.4339
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.30591/monex.v12i2.4339.g2511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Office:
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama
Kampus Utama Politeknik Harapan Bersama - Gedung B Lantai 3
Jalan Mataram No.9 Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52100.
Website: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/
Email: monex@poltektegal.ac.id